Cryptocurrency – panduan untuk pemula

Cryptocurrency – panduan untuk pemula

Cryptocurrency – panduan untuk pemula

Pertama-tama, penting untuk memisahkan kedua istilah tersebut. Blockchain adalah database yang dibangun secara khusus yang mendistribusikan, menyimpan, dan menyinkronkan informasinya secara desentralisasi (yaitu di banyak komputer berbeda di seluruh dunia). Seperti namanya, database dapat dianggap sebagai rantai blok data, di mana setiap blok diidentifikasi dengan stempel waktu dan referensi ke blok sebelumnya.

Mengubah blok karena itu hampir tidak mungkin (Anda harus mengubah semua blok terkait pada saat yang sama, tetapi mereka disimpan di komputer lain di suatu tempat di dunia). Dengan demikian, teknologi blockchain dianggap sangat anti-rusak dan gagal-aman.

Lebih lanjut tentang Blockchain

Cryptocurrency, di sisi lain, adalah kasus penggunaan tunggal dari teknologi blockchain. “Induk dari semua cryptocurrency” adalah Bitcoin, yang “langsung” pada tahun 2009 sebagai cryptocurrency pertama. Dibentuk oleh efek krisis keuangan internasional, ide dasar utama Bitcoin adalah untuk menciptakan sistem pembayaran baru yang lebih cepat, lebih murah yang dapat diakses oleh semua orang dan yang bekerja secara independen dari bank dan lembaga negara – jaringan harus benar-benar mengendalikan dirinya sendiri .

Bagaimana cara kerja Blockchain

Ini berfungsi karena setiap transaksi disimpan di blockchain dengan cara yang tidak dapat diubah dan kemudian dapat dilacak oleh semua orang di jaringan. Fakta bahwa bitcoin pada kenyataannya terutama digunakan sebagai objek spekulasi (dan dengan demikian tidak melayani tujuan utamanya) berkaitan dengan kuantitas yang terbatas, antara lain. Karena sistem Bitcoin diprogram sedemikian rupa sehingga jumlah maksimumnya adalah 21 juta Bitcoin dan tidak dapat lagi dipengaruhi oleh siapa pun setelahnya. Dengan meningkatnya permintaan Bitcoin, harga pasti meningkat, yang tentu saja sangat menarik bagi investor.

Cryptocurrency apa saja yang ada?

10 tahun setelah Bitcoin diluncurkan, sekarang ada lebih dari 2.000 cryptocurrency yang berbeda dan yang baru ditambahkan hampir setiap hari. Beberapa dari mereka sangat mirip, sementara yang lain sangat berbeda dalam teknologi dan tujuan. Karena selain cryptocurrency, yang sebenarnya hanya dilihat sebagai objek spekulasi, banyak cryptos yang muncul untuk tujuan tertentu.

Contoh terkenal adalah Binance Coin (BNB), “cryptocurrency in-house” dari pertukaran crypto “Binance”. Pemegang cryptocurrency ini memiliki manfaat yang jelas, mereka dapat menggunakan koin untuk mengurangi biaya perdagangan di bursa ini.

Diukur dari bagian mereka dari total kapitalisasi pasar, seseorang dengan cepat mengenali “5 cryptocurrency teratas” dan dominasi Bitcoin yang masih kuat:

Bitcoin (BTC) – sekitar 56% Ethereum (ETH) – sekitar 10% Ripple (XRP) – sekitar 7% Bitcoin Cash (BCH) – sekitar 3% Litecoin (LTC) – sekitar 3%

Anda dapat menemukan ikhtisar yang bagus tentang berbagai cryptocurrency dan perkembangannya di sini: coinmarketcap.com.

Kami juga telah membuat halaman khusus untuk membantu Anda memahami cryptocurrency mana yang terbaik untuk dimainkan di kasino mana:

Bagaimana saya bisa membeli cryptocurrency?

Sebelum Anda dapat membeli cryptocurrency untuk pertama kalinya, langkah-langkah berikut diperlukan:

Dompet online atau offline?

Pertama-tama, Anda memerlukan “dompet” Anda sendiri – ini adalah akun untuk mata uang kripto masa depan Anda. Perbedaan dibuat antara “dompet online” dan “dompet offline”. Seperti namanya, data akses tetap tersimpan secara online dengan dompet online. Ini jauh lebih nyaman bagi pengguna, karena memungkinkan tindakan yang lebih cepat. Namun, ini tidak dapat mengesampingkan akses oleh peretas. Ada sejumlah penyedia di Internet yang menyediakan dompet online gratis. Dompet online yang sangat populer dan mudah digunakan misalnya dompet Trust untuk ponsel cerdas Anda.

Situs Resmi Trust Wallet

Dompet offline, di sisi lain, dianggap jauh lebih aman. Perwakilan populer dari dompet offline adalah dompet kertas. Sederhananya, kredensial dompet Anda dicetak (dan tidak disimpan secara online) di selembar kertas, yang kemudian Anda simpan di tempat yang aman. Tetapi ada juga bentuk dompet offline lainnya (misalnya stik khusus) di mana Anda dapat menyimpan cryptocurrency Anda.

Pertukaran kripto

Setelah Anda memutuskan jenis dompet, Anda harus memilih satu atau lebih pertukaran kripto untuk diperdagangkan. Sama seperti ada banyak cryptocurrency yang berbeda, ada juga sejumlah besar tempat perdagangan. Saat memilih pertukaran, perhatikan jumlah cryptocurrency yang ditawarkan (misalnya cryptocurrency yang lebih khusus biasanya hanya tersedia di beberapa bursa, sedangkan Bitcoin tersedia di sebagian besar bursa), keramahan pengguna, standar keamanan (otentikasi 2 faktor adalah wajib di sini). !) dan struktur biaya.

Crypto-ke-fiat

Pertukaran Crypto ke Fiat

Selain itu, berbagai tempat perdagangan juga dapat dibagi menjadi pertukaran crypto-to-fiat dan pertukaran crypto-to-crypto. Pertukaran crypto-to-fiat adalah tempat perdagangan di mana Anda dapat menukar mata uang “klasik” seperti euro (fiat) untuk cryptocurrency tertentu (biasanya cryptocurrency “10 teratas” ditawarkan di sini). Opsi crypto-to-fiat yang terkenal adalah misalnya Coinbase atau Binance.

Kripto-ke-kripto

Pertukaran Kripto ke Kripto

Pertukaran Crypto-to-crypto, di sisi lain, adalah tempat perdagangan di mana Anda hanya dapat menukar cryptocurrency dengan cryptocurrency lainnya. Di sini Anda juga bisa mendapatkan cryptocurrency “lebih istimewa”. Pertukaran terkenal misalnya Binance, Kraken, Huobi atau Bitfinex. Jadi jika Anda ingin menginvestasikan euro dalam mata uang kripto yang lebih spesifik, dalam praktiknya perdagangan ini berjalan di dua platform. Pertama, Anda menukar euro Anda dengan salah satu “kripto utama” (misalnya Bitcoin) pada pertukaran crypto-to-fiat sebelum Anda mengirim bitcoin ini ke pertukaran crypto-to-crypto untuk menukar cryptocurrency yang Anda inginkan di sana.

Pilihan cryptocurrency

Segera setelah Anda mendaftar di bursa kripto pilihan Anda dan, jika perlu, melegitimasi diri Anda sendiri (biasanya bursa memerlukan otorisasi online dari jumlah tertentu untuk diinvestasikan), perdagangan dapat dimulai. Tetapi banyak pendatang baru sekarang dihadapkan pada pertanyaan: di mata uang kripto mana saya harus berinvestasi?

Tidak ada aturan umum di sini, karena ini tentu saja tergantung pada tujuan individu investor. Mirip dengan perdagangan saham, aturan ini juga berlaku di sini: “Siapa yang menyebarkan, tidak tergelincir!”.

Ini berarti bahwa menempatkan seluruh modal untuk diinvestasikan dalam satu mata uang kripto secara signifikan lebih berisiko daripada menyebarkannya ke beberapa mata uang kripto yang berbeda. Tinjauan yang baik tentang berbagai cryptocurrency dapat ditemukan di CryptoCompare, misalnya.

Kesimpulan

Selain itu, setiap investasi – terutama di sektor kripto – harus dipertimbangkan dengan sangat baik, dianalisis dengan baik dan, di atas segalanya, tidak terburu-buru. Perdagangan dalam cryptocurrency melibatkan risiko tinggi kehilangan modal yang Anda investasikan, hingga dan termasuk kerugian total. Aturan paling penting di akhir: hanya gunakan sumber daya keuangan yang Anda mampu untuk kehilangan sebagian atau seluruhnya!

Author: Billy Flores